DEFENISI KANKER PROSTAT, PENYEBAB GEJALA KANKER PROSTAT,

Selasa, 12 Agustus 2014

Kanker prostat adalah penyakit yang hanya mempengaruhi laki-laki. Kanker mulai tumbuh di prostat sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki.

Kata "prostat" berasal dari prostat Latin Abad Pertengahan dan abad pertengahan prostat Perancis. Kata prostat Yunani kuno berarti "satu berdiri di depan", dari proistanai berarti "diatur sebelum". Prostat dinamakan demikian karena dari posisinya - itu adalah di dasar kandung kemih.
Apa itu prostat?

Prostat adalah kelenjar eksokrin dari sistem reproduksi laki-laki, dan ada langsung di bawah kandung kemih, di depan rektum. Kelenjar eksokrin adalah salah satu yang sekresi berakhir di luar tubuh misalnya kelenjar prostat dan kelenjar keringat. Ini adalah sekitar ukuran kenari.

Uretra - tabung yang berlangsung dari kandung kemih ke ujung penis dan membawa urin dan air mani keluar dari tubuh - melewati prostat.

BACA ISI PENTING

Ada ribuan kelenjar kecil di prostat - mereka semua menghasilkan cairan yang membentuk bagian dari air mani. Cairan ini juga melindungi dan memelihara sperma. Ketika laki-laki mengalami orgasme mani-vesikel mengeluarkan cairan susu di mana air mani perjalanan. Cairan ini diproduksi di kelenjar prostat, sedangkan sperma disimpan dan diproduksi di testis. Ketika klimaks laki-laki (memiliki orgasme) kontraksi memaksa prostat untuk mensekresi cairan ini ke dalam uretra dan meninggalkan tubuh melalui penis.

Kontrol Urine

Sebagai uretra melewati prostat: kelenjar prostat juga terlibat dalam kontrol urin (kontinensia) dengan menggunakan serat otot prostat. Serat otot ini dalam kontrak prostat dan rilis, mengendalikan aliran urin mengalir melalui uretra.

Prostat yang Menghasilkan khusus prostat antigen

Sel-sel epitel di kelenjar prostat menghasilkan protein yang disebut PSA (prostate-specific antigen). PSA membantu menjaga air mani dalam keadaan cair. Beberapa PSA lolos ke dalam aliran darah. Kita dapat mengukur kadar PSA pria dengan memeriksa darahnya. Jika tingkat pria dari PSA tinggi, mungkin menjadi indikasi baik prostat kanker atau semacam kondisi prostat.

Prostat diagram kelenjar

Diagram lokasi kelenjar prostat dan organ terdekat
Ini adalah mitos untuk berpikir bahwa tingkat darah PSA-tinggi berbahaya bagi Anda - tidak. Kadar PSA darah tinggi namun merupakan indikasi bahwa sesuatu yang mungkin salah dalam prostat.

Hormon laki-laki mempengaruhi pertumbuhan prostat, dan juga berapa banyak PSA menghasilkan prostat. Obat yang ditujukan untuk mengubah tingkat hormon laki-laki dapat mempengaruhi tingkat darah PSA. Jika hormon laki-laki yang rendah selama pertumbuhan laki-laki dan selama masa dewasa nya, kelenjar prostatnya tidak akan tumbuh ke ukuran penuh.

Pada beberapa pria yang lebih tua prostat dapat terus tumbuh, terutama bagian yang ada di sekitar uretra. Hal ini dapat membuat lebih sulit bagi orang untuk buang air kecil sebagai kelenjar prostat tumbuh dapat menyebabkan uretra runtuh. Ketika kelenjar prostat menjadi terlalu besar dengan cara ini, kondisi ini disebut benign prostatic hyperplasia (BPH). BPH bukan kanker, tetapi harus diobati.

Kanker Prostat

Dalam sebagian besar kasus, kanker prostat dimulai pada sel-sel kelenjar - ini disebut adenokarsinoma. Pada artikel ini, kanker prostat mengacu hanya untuk adenocarcinoma.

Kanker prostat adalah sebagian besar penyakit berkembang sangat lambat. Bahkan, banyak orang mati karena usia tua, tanpa pernah mengetahui mereka menderita kanker prostat - hanya ketika otopsi dilakukan dokter tahu itu ada. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa mungkin sekitar 80% dari semua pria berusia delapan puluhan menderita kanker prostat ketika mereka meninggal, tapi tak ada yang tahu, bahkan dokter.

Para ahli mengatakan bahwa kanker prostat dimulai dengan perubahan kecil dalam bentuk dan ukuran sel kelenjar prostat - intraepithelial neoplasia prostat (PIN).

Dokter mengatakan bahwa hampir 50% dari semua pria 50 tahun memiliki PIN. Sel-sel yang masih di tempat - mereka tidak tampaknya telah pindah di tempat lain - tetapi perubahan dapat dilihat di bawah mikroskop. Sel-sel kanker akan pindah ke bagian lain dari prostat. Dokter menjelaskan perubahan sel kelenjar prostat ini sebagai kelas rendah atau kelas tinggi; kelas tinggi abnormal sementara tingkat rendah lebih-atau-kurang normal.

Setiap pasien yang ditemukan memiliki PIN bermutu tinggi setelah biopsi prostat berada pada risiko lebih besar secara signifikan memiliki sel kanker dalam prostat. Karena itu, dokter akan memantau dengan cermat dan mungkin melakukan biopsi lain di kemudian hari.

Klasifikasi kanker prostat
Hal ini penting untuk mengetahui stadium kanker, atau seberapa jauh ia telah menyebar. Mengetahui tahap kanker membantu dokter menentukan prognosis - juga membantu ketika memilih yang terapi-terapi untuk digunakan. Sistem yang paling umum hari ini untuk menentukan ini adalah TNM (Tumor / Nodes / Metastasis). Ini melibatkan mendefinisikan ukuran tumor , berapa banyak kelenjar getah bening yang terlibat, dan apakah ada metastasis lainnya.

Ketika mendefinisikan dengan sistem TNM, sangat penting untuk membedakan antara kanker yang masih terbatas hanya untuk prostat, dan orang-orang yang telah menyebar di tempat lain. Klinis T1 dan T2 kanker hanya ditemukan dalam prostat, dan tempat lain, sementara T3 dan T4 telah menyebar di luar prostat.

Ada banyak cara untuk mengetahui apakah kanker telah menyebar. Tomografi komputer akan memeriksa penyebaran dalam panggul, scan tulang akan memutuskan apakah kanker telah menyebar ke tulang, dan kumparan endorectal pencitraan resonansi magnetik akan mengevaluasi kapsul prostat dan vesikula seminalis.

Apa saja gejala kanker prostat?

Selama tahap awal kanker prostat biasanya tidak ada gejala. Kebanyakan pria pada tahap ini mengetahui mereka memiliki kanker prostat setelah rutin check up atau tes darah Ketika gejala memang ada, mereka biasanya satu atau lebih hal berikut.:
  •     Pasien kencing lebih sering
  •     Pasien bangun di malam hari untuk buang air kecil lebih sering
  •     Dia mungkin merasa sulit untuk memulai buang air kecil
  •     Dia mungkin merasa sulit untuk menjaga buang air kecil setelah ia telah mulai
  •     Mungkin ada darah dalam urin
  •     Buang air kecil mungkin menyakitkan
  •     Ejakulasi mungkin menyakitkan (kurang umum)
  •     Mencapai atau mempertahankan ereksi mungkin sulit (kurang umum)

Berikut ini gejalakanker prostat

  • Nyeri tulang, sering di tulang belakang (vertebra), panggul, atau tulang rusuk
  • Proksimal bagian dari femur dapat menyakitkan
  • Kelemahan kaki (jika kanker telah menyebar ke tulang belakang dan saraf tulang belakang dikompresi)
  • Inkontinensia urin (jika kanker telah menyebar ke tulang belakang dan saraf tulang belakang dikompresi)
  • Inkontinensia tinja (jika kanker telah menyebar ke tulang belakang dan saraf tulang belakang dikompresi)

Apa penyebab kanker prostat?

Tidak ada yang benar-benar yakin apa penyebab spesifik. Ada begitu banyak faktor yang mungkin, termasuk usia, ras, gaya hidup, obat-obatan, dan genetika, untuk beberapa nama.

Umur

Umur dianggap sebagai faktor risiko utama. Semakin tua seseorang, semakin tinggi risiko nya. Kanker prostat jarang di antara laki-laki di bawah usia 45, tetapi jauh lebih umum setelah usia 50.
 

Genetika

Statistik menunjukkan bahwa genetika jelas merupakan suatu faktor risiko kanker prostat. Hal ini lebih umum di antara kelompok ras tertentu - dalam kanker prostat USA secara signifikan lebih umum dan juga lebih mematikan antara Afro-Amerika dari White-Amerika. Seorang pria memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker jika kembarnya memiliki itu. Seorang pria yang kakak atau ayah memiliki / menderita kanker prostat berjalan dua kali risiko pengembangan itu, dibandingkan dengan laki-laki lain.





Sumber http://www.medicalnewstoday.com/articles/150086.php
ads
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar test